Rabu, 23 Mei 2012

Dream and Passion

curhatan di bulan Mei..
Dream and Passion

hari ini, gue berada dalam dilema masa depan.
mengapa? karena sebentar lagi gue harus kuliah.
nah, karena itulah, sekarang gue udah HARUS nentuin akan jadi apa gue nanti, sehingga sekiranya fakultas yang gue masukin nanti sesuai dan sepadan dengan apa yang akan gue lakukan.
hmm, sampe di situ, gue cukup paham.
yang gue nggak paham, gue harus jadi apaa??
mama papa bilang, gue harus jadi dokter. spesialis jantung, kalo perlu.
oke, fine, gue sih nggak masalah. dengan pedenya gue berpikir kalo gue mampu.
tapii, bukan masalah mampu nggak mampunya.
apakah gue akan betah menjadi dokter?
di pelajaran BP di sekolah gue, ada seseorang yang pernah mengajarkan tentang passion.

apa itu passion?

dari yang dia jelasin dan gue tangkep, passion itu sesuatu yang bener-bener lu suka untuk ngelakuinnya.
bukan suka aja sih, tapi bisa ngelakuin juga.
dan katanya yang ngajar itu, kalo lu mau kerja, sebaiknya lakukanlah apa yang udah jadi passion lu.
mengapa begitu?
simpel. dengan melakukan sesuatu yang menurut lu menyenangkan dan lu mahir melakukannya, lu akan menjadi lebih giat dan senang dalam melakukannya.
bukan hanya itu, hasil kerjaan yang lu lakukan akan mencapai tingkat maksimal, karena lu mengerjakannya dengan sepenuh hati, bukan hanya sekedar kewajiban. istilah lainnya sih, saat lu mengerjakan sesuatu dengan sepenuh hati, saat itu lu memasukkan pula jiwa lu ke dalamnya, sehingga pekerjaan itu terlihat hidup.
sesuatu yang hidup terlihat lebih indah dari yang mati kan?
liat aja itu bunga plastik yang dijual di toko toko. bagus ga? lumayan, tapi nggak pernah bisa seindah bunga yang asli.
nah, berbekal dari petuah sang pengajar, gue mulai mencari apa passion gue.
  1. GUE SUKA GAMBAR. suka banget. sampe-sampe gue nggak bisa tidur kalo belom menggambar. dari situ, gue berpikir untuk jadi seorang desainer. desainer apa? baju mungkin, atau produk, atau sejenisnya.  sayang, kelemahan gue adalah : gue nggak bisa gambar sesuatu yang nggak mau gue gambar. intinya, gue nggak bisa menggambar dengan maksimal kalo gue nggak mood sama temanya. oke, jadi gue berpikir untuk masuk ke seni rupa, dan itu ditentang abis-abisan sama mak bapak gue tercinta. fine, gapapa. karena gue cinta mereka, gue berusaha sebaik mungkin untuk nggak akan melakukan sesuatu yang membuat mereka kecewa.
  2. GUE SUKA NULIS. yah, bisa dilihat dari blog ini, tapi jujur, blog ini adalah seperdelapan karya gue. gue punya bejibun karangan di komputer dan buku tulis gue. kata guru sastra gue sih, gue jago di buat puisi (ceilee). mungkin gue akan masuk jurusan sastra. mengapa bukan jurnalistik? karena gue sukanya yang fiksi ahahaha. jadi, sastra juga bisa. tapi, apakah nyak babe setuju??
  3. GUE SUKA BACA. novel ada banyak di rumah gue, koleksi gue dan my lovely muther. dari koleksi gue, sangatlah terlihat kalo gue sukanya fiksi. gue nggak demen sama cinta-cintaan anak SMA. garing om, masalahnya gue nggak punya pacar yeah nggak  nyambung. hmm, sayangnya gue nggak nemu kerjaan yang tugasnya baca buku fiksi, jadi kita singkirkan aja yang ini.
  4. GUE SUKA BINATANG. lucu banget mereka, apalagi mamalia. nggak heran gue seneng ke kebun binatang. mungkin gue bisa jadi dokter hewan. cuma sayang, gue ada trauma sama anjing, jadi nggak berani megang (padahal gue suka ngeliatnya, hikss)
  5. GUE SUKA TRAVELLING. kalo lagi pergi, gue dengan seenaknya misah dan ngelayap sendiri entah kemana mencari sesuatu yang asik dan mengeksplorasi tempat tempat baru yang belom pernah gue datengin. mungkin gue bisa jadi traveller atau sejenisnya, kayak yang di tivi tivi ituu. hmm, tim SAR juga oke (??)
  6. GUE SUKA EKSPLORASI ORANG. hmm, bukan secara fisik, tapi lebih ke psikis. menurut gue, pribadi manusia itu sesuatu yang unik dan abstrak. mengapa mereka berpikir demikian, mengapa mereka bertindak demikian, bagaimana mereka menanggapi suatu masalah dan lain lainnya, itu semua menarik buat gue. gara gara ini, gue berpikir untuk jadi psikolog. boleh juga, bisa dipertimbangkan.
di luar passion gue, ada profesi yang gue idamkan : JADI PILOT PESAWAT TEMPUR.
yeah, ketauan gue kebanyakan nonton film action. tapi asli deh, gue kepengen nyoba jadi pilot pesawat tempur.
gue inget, dulu bokap gue juga kepengen jadi pilot pesawat tempur. hal ini membuat gue bertanya tanya, apakah keinginan ini merupakan warisan keluarga?? ahaha BODOH, emangnya ada kromosom yang mengandung sifat berkaitan dengan keinginan dan cita-cita?
sayang, jadi pilot itu susah. pesawat tempur pula. udah tau fisika gue nggak oke oke banget, ketahanan fisik juga jelek, gampang pusing.
ciahh, gimana gue bisa jadi pilot pesawat tempur?

yah, mungkin gue emang harus jadi dokter.

yang jelas, waktu jadi dokter nanti, gue mau jadi dokter spesialis, punya uang dan relasi banyak, gue cari sponsorship, terus gue caoo ke daerah terpencil buat praktek di sana. gue bukan mau memoderenisasi, gue cuma mau ngecek, siapa tau ada yang butuh bantuan dari gue.
sebenarnya, gue juga mau buka praktek murah buat orang-orang yang tinggal di kta tapi kurang mampu. kasian mereka, banyak yang sakit tapi nggak bisa berobat. mana kehidupan di kota itu kurang sehat pula. padahal sehat itu hak semua orang, ya kan?
hh, begitulah.

Jadi, apa inti pembicaraan ini?
saya juga tak tahu, pokoknya daritadi saya cuma nulis saja, nggak berenti berenti hohooo.
mumpung pemikiran ini lagi mengalir deras di kepala gue.
sayang bro, ide itu harus direalisasikan.
yah, dicatetlah, kalo belom sempet merealisasikan.
hmm, jadi, kalian udah tau belom, apa cita-cita dan passion kalian?
kalo belom, mending cari sekarang.
jangan sampe terlambat, karena itu bakal bikin kalian menyesal banget banget.
okeey, sekian dari gue, adieu! :*

E.D.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar