Jumat, 15 Juni 2012

after test

once upon a time, June 2012



it's been a long time since the last time i wrote something here (ciah, salah)
oke, jadi, ini sudah 2 minggu (kurang lebih) sejak terakhir kali gue nulis di sini. hehee, maaf ya lama, nggak sempet.
Jadi, akhirnya, ulangan umum sudah selesai.
YEI! katakan hore untuk ulangan umum yang sudah tamat! YEI!
yah, tapi, kayaknya ulangan matematika gue agak fail deh....
nggak papa lah ya, yang penting, ULANGAN UMUM IS DONE!
tapi, bukan sekolah gue namanya kalo abis ulangan umum langsung gabut...
sayang, adakalanya saya mau habis ulangan umum tuh langsung gabut, libur. tapi, yang namanya hidup nggak mungkin gabut, kalo nggak ntar bisa jadi kayak pejabat-pejabat yang kena kasus korup dan kawan kawannya. Jangan seperti itu ya teman-teman, sebagai generasi penerus bangsa yang baik, kita harus berusaha memajukan negara kita tercinta ini, bukannya menghancurkannya dengan keegoisan kita :)
I LOVE INDONESIA! :*
kembali ke topik awal, jadinya, setelah ulangan umum berakhir, gue masih harus mengikuti kegiatan yang berjudul "CARRIER DAY" dan "STUDI EKSKURSI"
kita bahas carrier day dulu deh.
what is carrier day?
carrier day itu adalah suatu hari di mana sekolah gue mendatangkan beberapa narasumber dengan profesi tertentu (sesuai dengan minat siswa dan siswi sekolah gue), an narasumber yang bersangkutan akan mempresentasikan mengenai pekerjaannya ke kita-kita siwa SMA yang masih galau mau jadi apa :) oh iya, narasumber tersebut akan ditempatkan di kelas yang berbeda-beda, jadi kalau kita misalnya mau jadi dokter, kita tinggal masuk ke kelas dokter terus dengerin presentasi doi, kurang lebih sih gitu.
gue sendiri, seperti yang pernah gue tulis sebelum sebelum ini, masuk ke kelas dokter, karena memang itu pilihan pertama gue. tapi, jujur yah teman, gue sempet galau dengan pilihan kelas dokter ini. gue sempet berpikir buat pindah ke kelas lain (yah, yang gue kepikiran saat itu adalah kelas sastra, seni rupa, atau pilot hehee :D ) tapi, akhirnya gue masuk ke kelas dokter.
dan GUE NGGAK NYESEL MASUK KELAS DOKTER.
asli, keluar dari ruangan itu, gue yakin, mantep, klop dengan pilihan dokter. Asik banget broo! mau tau kenapa asik? oke, gue ceritain.
jadi, sang bu dokter yang presentasi di kelas gue sharing tentang perjalanan menjadi seorang dokter. nanti waktu kuliah, pertama tama lu akan belajar tentang teori kedokteran. dalam teori, selain lu akan membaca buku, lu juga akan belajar untuk melakukan beberapa hal seperti berikut : bikin obat, melakukan otopsi, melakukan operasi (begitulah yang gue tangkep dari presentasi dan sharing sang bu dokter yang gaul parah. peace tante, love you :D )
lalu, setelah itu lu akan ada kegiatan yang namanya magang, di mana nanti lu udah mulai bekerja sebagai asisten dokter dan menghadapi pasien. terus, nanti juga lu akan dikirim kemana mana untuk praktek, dan dikirim itu bisa ke Indonesia sampe bagian pelosok pelosoknya. di situ lu akan bekerja sebagai dokter, menangani banyak kasus penyakit yang banyaknya bukan main.
keren gak sih? KEREN BANGET.
asik gak sih? ASIK BANGET.
nah, selain si bu dokter sharing tentang pengalaman beliau sebagai dokter, beliau juga ngasih petuah petuah ke kami kami yang udah gak sabar mau jadi dokter. beginilah saran dari bu dokter, buat yang mau jadi dokter, PERHATIKAN BAIK-BAIK karena ini penting :
  1. jadi dokter nggak harus pinter banget. yang penting rajin, tekun, sabar, pantang menyerah, bertanggung jawab.
  2. jadi dokter itu harus bisa cepat beradaptasi dengan berbagai lingkungan dan bermental baja, karena saat jadi dokter, bukan hanya harus menghadapi pasien yang bermacam macam, kita juga mesti siap kalau dikirim ke tempat-tempat terpencil.
  3. jadi dokter harus memiliki sikap, sifat, dan attitude yang baik. ini penting banget karena attitude menentukan first impression orang-orang ke kita, dan menentukan juga apakah kita pantas dipercaya sebagai dokter atau tidak. percuma kan, jadi dokter tapi nggak ada yang percaya.
  4. jadi dokter jangan money oriented, karena kita jadi dokter buat menyembuhkan penyakit orang. jangan memanfaatkan penderitaan orang lain sebagai sumber penghasilan. dosa lu, ntar masuk neraka!
  5. patuhi peraturan dan kode etik yang ada! malpraktek hukumannya berat loh.
nah, kurang lebih itulah yang bu dokter bilang ke kami kami hari itu.
oh iya, beliau juga ngasih saran, kalau mau jadi dokter, jangan sekolah di sekolah abal-abal! sayang, nanti buat ke depannya lu sendiri yang repot, karena materi yang dipelajari bisa jadi nggak lengkap dan nggak maksimal karena nggak ada sarana dan prasarana yang mendukung. satu yang mesti diinget, kalau mau jadi dokter, lu harus banyak melakukan praktek! teori mah gampang, semalem belajar juga bisa hafal. tapi penerapannya, belum tentu semua bisa, ya kan?
nah, kayaknya gue udah kebanyakan banget nih ngomongin carrier day.
lanjut ke studi ekskursi.
hmm, jujur, yang bagian ini gue nggak bisa banyak cerita karena gue juga bingung apa yang mau gue ceritain.
nah, jadi, gue pergi ke pabrik INDOFOOD di Cibitung.
tau? biasanya sih anak SD yang ke sana, bukan SMA -__-
lanjut, pabrik Indofood yang di Cibitung itu merupakan pabrik Indofood divisi Noodle. di pabrik ini, yang ada hanyalah membuat mie, mie, dan mie.
kalo mau liat yang bikin susu atau yang lainnya, itu ada divisi lainnya. Pabriknya tersebar di Indonesia Raya ini saudara, jadi agak susah juga ya kalo mau mengunjungi semuanya.
nah, balik ke topik, pabrik mie yang ada di Cibitung ini merupakan pabrik Indofood yang terbesar, dan pabrik ini dipercaya buat memproduksi mie untuk didistribusikan ke Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, dan Expor ke luar negeri.
keren yak? mie aja sampe ke luar negeri.
nah, terus di sana, gue dijelasin tentang cara pembuatan mie instan. agak basi sih, karena kami cuma boleh liat dari luar. tapi ya mau gimana lagi, makanan sih, mesti steril, mana suhu di dalem pabriknya 44 derajat Celcius. panas broo!
yasudah, jadi gue liat dari luar. ternyata bikinnya cepet bro! maklum, instan sih yea. dan gue (dengan alaynya) baru tau kalo mie instan itu dikeringin dengan cara digoreng!
baru tau? alay lu yea (gue juga padahal)
hmm, pantes aja itu kalo direbus ada kayak minyak minyaknya, dan warnanya agak mengkilap. jadi, tenang saja saudara, itu bukan lapisan minyak (kata mbaknya sih gitu. percaya ajalah yaa)
terus, habis keliling, kami masuk ke sebuah ruangan, dan di situ kami mendengarkan presentasi mengenai pabrik Indofood. hmm, di presentasinya sih kebanyakan membahas mengenai teknis pengaturan barangnya, didistribusiinnya gimana, dan sejenis sejenisnya. yah, agak ke arah promosi juga sebenernya, tapi lumayanlah, ilmu baru :)
terus, setelah itu, ada sesi pertanyaan (kita lewati saja bagian itu) dan diakhiri dengan makan popmi bersama.
tapi, gue nggak suka popmi bro, rasanya agak agak gimana gitu.
habis makan, terus pulang lagi deh kami.
tapi, yang paling nyebelin adalah... gue mesti buat laporan ilmiah tentang studi eksursi ini sebagai syarat ujian!
garing. asli.
masalahnya tuh di presentasinya nggak ada unsur unsur ilmiahnya sama sekali. kalo marketing iya deh, ada dikit. bete banget, asli. dan sampe detik ini gue nggak tau mesti nulis apa buat itu laporan ilmiah.
kata temen gue sih, cari aja ke om gugel, lengkap!
tapi gue juga ada sih, catetan isi presentasinya, hehee. lumayan, ada patokan.
nah, begitulah, kehidupan gue setelah ulangan umum berakhir. meskipun kadang membosankan, tapi akuilah kalo hal-hal sejenis ini sangat berguna sebagai tambahan ilmu pengetahuan.
betul kan? betul!
nah, demikianlah ceritaku hari ini, apa ceritamu? :)
udah dulu ya, sampai bertemu di post selanjutnya!
love you all :*

E.D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar